BAHKAN KUCINGPUN HARUSNYA GEMUK KALAU DEKAT DENGAN MASJID

 

By Muhammad Bahauddin Amin

Bismillah..
diinisiasi dimasjid Raya baiturrohim jayapura 17 agustus 2018 lalu, didukung oleh ODOJ, KHALIFAH ORGANIZER, JPRMI, para pemuda, pengusaha muslim, dan dihadiri oleh da’i nasional ustad Subki al-bughuri (yang sering dinilai oleh netizen sebagai salah satu da’i yang sangat “berisi”/berilmu), wakil walikota jayapura dan ketua JPRMI pusat, gerakan “revitalisasi masjid” coba kami gaungkan kembali dari timur indonesia melalui seminar “islamic finance”. tak lupa kami ucapkan terima kasih juga pada beberapa inspirator karena hal yang sama juga sudah dimotori oleh beberapa asatidz seperti ustad hanan, ustad salim A fillah, kang rendy dan ustad antonio syafii’e sehingga kami pun merasa tergerak dan juga bermimpi ummat islam nanti akan kembali berjaya melalui masjid masjidnya yang hebat.

berangkat dari kegelisahan kami dengan begitu banyaknya masjid kita, begitu banyaknya umat islam yang cinta masjidnya, tapi masjid masih saja beroperasional dengan cara cara yang salah kaprah dan terlajur menjadi sebuah rutinitas.

Bagaimana harusnya masjid berjalan? rosulullah SAW sudah mencontohkan. sehingga masjid bukan saja tempat shalat dan ngaji, tapi masjid menjadi problem solving Centre untuk masalah umat masa kini. kenapa harus kembali kemasjid? karena perpecahan saat ini sering terjadi karena masjid tidak lagi berfungsi dengan benar.

ironi ketika melihat masjid yang begitu banyak dan megah tapi miskin fungsi. bahkan pada basis utama saja gagal misal, karpet dan toilet yg tidak terawat. apalagi mau mikirin pelayanan yang lain.

padahal investasi membangun masjid begitu mahal, tapi umat tidak mencari masjid ketika ada masalah. anda tidak merasa ini adalah masalah? Bisa jadi karena hati kita mulai abai dengan kondisi umat sekarang. Akuilah, perpecahan saat ini sering terjadi karena masjid tidak lagi berfungsi sebagaimana mesti.

Mereka yang butuh pekerjaan, harusnya kemasjid. karena masjid punya info career Centre.

mereka yang belum menikah harusnya kemasjid bukannya ke aplikasi jodoh. karena masjid mengatur dan memfasilitasi proposal hingga walimah. Bahkan seminar pranikah rutin harus dilaksanakan agar mempersiapkan keluraga muda berkualitas dan menghindarkan anak muda kita dari bahaya pacaran

mereka yang butuh modal kerja harusnya ke koperasi masjid, bukannya ke bank. karena masjid adalah tempat umat mempercayakan dana agat dikelola kembali ke umat.

mereka yang ingin meeting Apapun harusnya ke cafe masjid bukannya ke cafe yang bahkan mushallah saja ga punya. karena cafe masjid dikelola bukan hanya baik tapi juga halal. lagian shalatnya tidak telat disela sela meeting karena azan berkumandang, cafe akan break

mereka yang sakit, harusnya ke klinik masjid. karena dokter yang disediakan masjid juga paham syariat dan prinsip tibbun nabawi. Bahkan nonmuslim dilayani di klinik ini.

mereka yang lagi cari sekolah buat anak harusnya kemasjid. karena pengelola sekolah elit dan bergengsi harusnya masjid bukan perorangan atau yayasan. karena dimasjid berkumpul semua ahli pendidikan islam dan psikologi islam. Sejak kapan revolusi umat berawal dari yayasan atau sekretariat? sejarah Peradaban kemajuan islam selalu dimulai dari masjid !!!!

mereka yang ingin belanja bulanan harusnya ke masjid mart. harga sama, barang sama. bedanya belanja dimasjid berarti mengalirkan uang kita pada Ummat dan endingnya memperkaya ummat.

mereka yang ingin investasi harusnya ke masjid, bukannya ke pasar saham .
karena masjid punya banyak lini bursa investasi halal yang masjid kelola bersama jaringan masjid.

mereka yang ingin latihan bela diri harusnya kemasjid. karena islam mewajibkan umatnya sehat dan kuat

mereka yang kelelahan, harusnya kemasjid dan bukan kehotel. karena masjid adalah tempat istirahat terbaik bagi musafir. Sambil istirahat dapat banyak ilmu.

mereka yang tidak punya makanan dan rumah harusnya ke masjid. bukannya ngemis ke lampu merah. masjid harusnya punya solusi agar muslim fakir tidak dipertontonkan didepan umum dan jadi bahan cemoohan dunia. cek siroh bagaimana baginda rosul SAW menyelesaikan masalah kemiskinan dalam hitungan hari dengan cara 1 orang kaya tanggung jawab beberapa orang fakir. apa masjid Sesulit itu mengkoordinir hal ini?

anak anak tidak akan sungkan ke masjid jika ingin bermain. karena masjid punya playgroud dan pengurusnya ga suka teriakin anak anak yang tawanya sangat riang di masjid. ingat pesan muhammad al fatih penakluk konstantinopel, “masa kejayaan islam akan berakhir jika tawa Bahagia anak anak tidak terdengar lagi di masjid”

bahkan kucing liar yang hidup disekitar masjid harusnya tetap gemuk dan ceria. karena pengurus masjid rutin belanja makanan kucing yang harganya kurang dari 30ribu perkilo itu. tidak Jarang saya memungut kucing di masjid yang saya singgahi karena terlihat lemas Dan frustasi, kurus dan serinkali dii usir. padahal bisa saja orang yang mengusir dan menendang kucing Itu zikirnya tidak lebih banyak dari si kucing (QS Al Isro:44)

remaja tidak akan bosan jika berkumpul bersama teman dimasjid. karena masjidnya ada cafe dan wifi. masjid jangan mau kalah sama starbuck Donk… kalau perlu bayar pembuat kopi terbaik untuk kerja di masjid. Apa tidak ada anak muda sholeh kita yang ngerti buat kopi?? Banyak!!!

apakah itu semua sulit dilakukan? saya kiRa tidak. yang dibutuhkan hanya MAU Melayani atau TIDAK Mau melayani. masjid harini sangat disayangi oleh jamaah bahkan yang non muslim pun akan lebih sayang sama masjid kalau masjidnya peduli sekitar.

INGAT.. Masjid tidak akan pernah kekurangan dana asal nilai tambah selalu ada. terbukti masjid bisa punya omset milyar kalau bulan ramadhan. kenapa? karena program nya hidup, nilai tambahnya hidup. diluar ramadhan, suasana masjid kembali jadi aktiftas zombie. miskin program, miskin jamaah apalagi subuh. akibatnya, jamaah jadi menahan diri untuk sedekah.

intinya ikhwafillah.. masjid harusnya ramah untuk semua usia, dan berfungsi maximal untuk ummat. pengurus masjid yang suka numpuk uang di bank riba sementara sekitar masjid banyak jamaah yang lapar, anaknya ga bisa sekolah, istrinya mau lahiran ga ada biaya, terpaksa hutang riba karena modal bisnis habis, artinya pengurus masjid itu tidak amanah.

JPM (jaringan pejuang masjid) adalah wadah ide dan aksi untuk MENGEMBALIKAN kembali masjid ke fungsi awal. fungsi fungsi vital harusnya di jalankan oleh masjid dan bukan oleh perorangan. itu sebabnya REVITALISASI MASJID menjadi agenda utama kami.

kontak kami di 085244443204 untuk bantu masjid kamu kembali ke sunnah operasional yang sebenarnya.

sepakat dengan ini? silahkan share!!

Comments are closed.